Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

5 HAL YANG KAMU HARUS KETAHUI SEBELUM CETAK MAJALAH

08 Feb Posted by in Artikel | Comments
5 HAL YANG KAMU HARUS KETAHUI SEBELUM CETAK MAJALAH
 

Jika kamu ingin memulai usaha di bidang informasi dan hendak menuangkan informasi tersebut melalui media cetak majalah, kamu harus punya persiapan sebelum majalah siap cetak.

cetak majalah

cetak majalah FKH UNAIR

5 HAL YANG KAMU HARUS TAHU SEBELUM CETAK MAJALAH

1. Segmentasi Majalah

Untuk memulai sebuah rencana bisnis, anda harus memiliki business plan yang matang. Beberapa poin umum dalam bisnis, anda telah memilikinya. Contoh segmentasi produk, perhitungan biaya produksi produk, marketing, dll. Business plan bisa diartikan sebagai paparan strategi yang harus dibuat oleh pengusaha, sebelum secara efektif bisnis tersebut dimulai. Hal ini juga mengatur tentang bagaimana hubungan kita terhadap supplier, distributor, customer, dan bahkan pesaing.

Dalam hal ini anda harus mengetahui majalah anda ini untuk dibaca oleh orang yang bagaimana, rentang umurnya berapa, pekerjaannya rata-rata sebagai apa, dan gaya hidupnya bagaimana. Contoh, jika anda memposisikan majalah anda sebagai majalah fashion, maka fashion yang bagaimana? Fashion untuk Bapak-bapak atau Ibu-ibu? Jika Ibu-ibu lalu yang Ibu-ibu muda atau yang sudah separuh baya. Hal itu akan menfokuskan anda dalam membuat konten-konten dalam setiap terbitannya.

2. Budget

Anda mau cetak majalah yang spesifikasinya bagaimana? Apakah berukuran A4, folio, atau A5? Isinya berapa halamaan? Jika segmentasinya anak muda, maka jangan terlalu tebal-tebal. Mau pakai bahan apa? Artpaper atau HVS? Semua spesifikasi tersebut akan mempengaruhi budget yang anda harus keluarkan.

Sebaiknya anda telah melakukan survey untuk dijadikan bahan pertimbangan, sebesar apa animo masyarakat terhadap konten-konten yang anda ingin sajikan. Dan juga lebih baik lagi, jika anda juga mensurvey di kios-kios majalah, seberapa banyak pesaing yang se-genre dengan majalah anda. Jika memang banyak, maka anda cukup optimis, akan banyak pula potensi customer anda, asalkan anda siap untuk mengalahkan konten-konten dari majalah pesaing yang se-genre dengan anda.

3. Desain

Anda pasti telah sadar akan hal ini. Manusia adalah makhluk yang visual. Contoh yang kekinian adalah, banyak quote-quote keren, tapi sedikit yang suka/Like, hanya karena font yang dipakai tidak berseni, atau juga karena gambar background dari quote tersebut terlalu biasa. Sehingga dapat disimpulkan, sebagus apapun konten anda, jika desain anda kurang menarik dan juga foto-foto anda kurang memikat, maka bisa dipastikan para customer akan menyesal telah membeli majalah anda.

4. Marketing

Sebagus apapun majalah anda, dari segi konten, desain dan fotografi, tetapi anda tidak dapat menginformasikan “kebagusan” majalah anda, maka sia-sia saja. Anda harus memiliki tim yang cerdas sekaligus ulet, yang dapat memasarkan keunikan majalah anda. Jaman sekarang sudah jamannya marketing online, anda HARUS memakai jurus marketing online tersebut, disamping distribusi majalah anda juga harus  menyebar ke kios-kios majalah di berbagai kota. Kelebihan marketing sistem online adalah faktor kali. 1 orang yang menyukai/LIKE postingan anda, teman-teman dia berpeluang untuk melihat postingan anda juga. Sehingga semakin banyak mata yang akan mengenal majalah anda.

5. Harga Jual

Ingat, kesenjangan sosial masyarakat di Indonesia ini cukup tinggi. Sehingga salah sedikit saja anda memilih harga jual yang sesuai dengan segmen majalah anda, maka majalah anda akan berpeluang besar tidak laku karena kemahalan atau kemurahen. Itulah uniknya orang Indonesia, terkadang tidak semua majalah yang murah itu selalu laku. Ada banyak orang menilaikualitas sebuah produk dari harganya. Walaupun kontennya buruk, tapi harganya mahal, maka orang-orang tersebut akan menilai konten-konten nya sangat bagus.

Maka dari itu, anda tetap harus riset pada majalah-majalah pesaing anda. Terutama pesaing anda yang paling sukses. Karena jika anda minimal memiliki kualitas majalah yang sama dengan dia, dan harga dimurahin dikit aja, inget..dimurahin dikit aja lho ya, dengan marketing yang sama pula seperti pesaing terbaik anda itu, maka kami jamin majalah anda dengan perjalanan waktu yang pasti, akan dapat menyaingi pesaing terbaik anda tersebut.

Berikut 5 tips dari kami tentang apa yang harus persiapkan sebelum cetak majalah. Semoga dapat bermanfaat bagi usaha anda. Nantikan artikel-artikel kami berikutnya ya. Dan juga jika anda ingin cetak majalah di percetakan yang berkualitas, cetak saja di Cetak Majalah no. 1 di Indonesia.

Leave a Reply

Nama (wajib)

Email (wajib)

Website

Isi Pesan