Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

7 TIPS ATAU CARA MENGADAKAN SEMINAR YANG TIDAK BISA RUGI

10 Mar Posted by in Artikel | Comments
7 TIPS ATAU CARA MENGADAKAN SEMINAR YANG TIDAK BISA RUGI
 
seminar yang sukses

suasana seminar

Tiap komunitas atau kelompok, baik itu berskala besar maupun kecil, selalu memiliki agenda mengadakan kegiatan publik. Salah satunya adalah seminar. Seminar bertujuan sebagai alat atau sarana dalam menyampaikan kepada publik apa yang menjadi gagasan kelompok tersebut. Contohlah WWF dengan seminar lingkungannya, lalu BEM Fakultas Hukum mengadakan seminar yang membahas permasalahan hukum terkini, dan lain sebagainya.

“Seminar diadakan untuk memberikan informasi bermanfaat terkait kelompok yang mengadakan seminar, tidak melulu soal profit acara”

Jika kita berbicara tentang seminar, maka anda janganlah hanya berorientasi pada profit. Karena sukses tidaknya sebuah seminar, bukanlah dari seberapa besar profit seminar anda, tetapi dari sebesar apakah dampak bagi peserta seminar, setalah seminar tersebut berlangsung.

Maka jika anda berorientasi pada profit saja, silahkan untuk tidak melanjutkan membaca artikel ini.

Kami mencoba untuk memberikan tips atau cara kepada anda, bagaimana agar seminar anda tidak rugi.

1. KONSEP YANG JELAS

Di dalam anda berinteraksi dengan orang lain, anda harus memiliki konsep. Konsep yang kami maksud adalah identitas siapa anda dan dalam kepentingan apa anda berinteraksi dengan orang lain itu.

Begitupun juga dengan mengadakan seminar. Anda harus memiliki konsep yang jelas. Apakah anda sebagai penyelenggara seminar ini memegang peranan sebagai penyampai informasi bermanfaat, ataukah sebagai penjual yang menawarkan produk dengan diselipi informasi-informasi yang hanya bermanfaat apabila peserta seminar membeli produk anda.

Konsep tersebut memberikan platform yang jelas, bagaimana marketing anda harusnya berjalan, bagaimana alur seminar harusnya berjalan, dan seberapa besar peserta harus membayar demi mengikuti seminar anda.

Dengan ketepatan konsep seminar pada hal-hal pendukung tersebut, membuat seminar anda menjadi pas.

Bayangkan apabila seminar anda sebenarnya tidak begitu memberi informasi yang bagus pada peserta, tetapi dimarketingkan dengan heboh dan menggiurkan, ditambah lagi harga HTM yang melambung seakan-akan seminar anda seperti seminar yang bisa mengubah hidup seseorang, kan kasihan pesertanya. Mereka seperti menjadi korban penipuan iklan.

2. TEMA YANG MENARIK DAN RELEVAN

Tema hampir sama dengan konsep. Tetapi tema di sini lebih kepada penentuan dekorasi, narasumber, dan peserta. Jangan sampai tema anda tidak menarik di mata peserta yang menjadi target anda. Dan juga tema haruslah berhubungan dengan apa yang menjadi identitas kelompok anda. Tema seminar, juga terkadang harus mengikuti tren. Tema yang menarik, biasanya yang menjadi bahan pembicaraan masyarakat. Contoh sekarang sedang booming tentang LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender). Maka anda harus mencari relevansi identitas kelompok anda dengan LGBT. Contohnya kelompok anda adalah kelompok agama, maka seyogyanya tema anda adalah LGBT dalam  pandangan agama. Jangan melebar ke konteks yang diluar identitas kelompok anda.

3. NARASUMER YANG SESUAI KAPASITAS

Di dalam pemilihan narasumber, anda harus mempertimbangkan kapasitas. Kapasitas meliputi pengalaman, latar belakang pendidikan, popularitas dan posisi yang ditempati saat ini atau terakhir. Jangan sampai anda hanya mengejar popularitas pembicara saja, dan mengabaikan hal yang lain.

Popularitas pembicara memang menjadi magnet bagi calon peserta seminar, tetapi hal itu dapat menjadi blunder apabila pembicara tersebut justru tidak memberikan dampak apa-apa dari penambahan pengetahuan peserta seminar.

4. KONSUMSI DAN SEMINAR KIT

Tidak dapat dipungkiri, seminar yang prestisius, selalu memberikan fasilitas konsumsi dan seminar kit yang baik. Konsumsi peserta seminar, haruslah sesuai dengan jangka waktu seminar. Jangan sampai peserta seminar kelaparan.

Biasanya dalam seminar yang berdurasi waktu yang cukup panjang, menyediakan coffee break bagi pesertanya. Sekedar untuk mengganjal perut peserta sembari menunggu waktu makan besarnya.

Seminar kit tetaplah menjadi hal yang penting dari seminar. Janganlah memberikan seminar kit yang terlalu murah atau terlalu mahal. Semuanya harus sesuai dengan konsep dan tema yang ada.  Permainan desain juga fatal. Memberikan seminar kit yang berdesain menarik, membuat seminar kit anda dipakai oleh peserta seminar, bahkan setelah seminar itu selesai. Jika anda bingung di mana tempat jual seminar kit yang bagus, datang saja ke Tempat Bikin Seminar Kit Murah.

Seminar Kit

Seminar Kit

5. PERSIAPKAN DENGAN MATANG

 

-Bukan berapa lama Anda tampil tapi berapa lama Anda latihan untuk penampilan tersebut itu yang jauh lebih penting. -

Jangan sampai anda melupakan latihan atau gladi resik. Persiapan yang tidak matang, dapat menghancurkan seminar anda. Anda juga harus berlatih dalam menghadapi hal-hal yang di luar rencana anda. Keadaan yang chaos atau kacau, haruslah masuk dalam menu latihan anda. Biasanya kekacauan terjadi saat peserta keluar ruangan seminar.

Siapkan juga daftar “apa yang sudah baik, dan apa yang perlu ditingkatkan” . Hal itu dapat menjadi evaluasi dari persiapan yang kamu lakukan.

6. MARKETING YANG GENCAR DAN MENARIK

Jika anda memiliki cukup dana, anda bisa mengandalkan seminar anda melalui media radio. Jika anda di Surabaya, anda pasti tahu dengan Radio Suara Surabaya. Nah, anda harus coba untuk beriklan melalui radio tersebut dikarenakan jumlah pendengan radio tersebut sangat banyak dan biasanya para pendengan radio tersebut mendengarkan melalui radio mobil saat melakukan perjalanan.

Kondisi yang pas itulah yang menyebabkan iklan anda cepat terserap oleh para pendengarnya.

Jangan lupa untuk memasarkan seminar anda melalui media sosial. Jika poste yang seminar anda menarik, otomatis banyak orang yang tertarik.  Anda juga bisa mencoba untuk memasang iklan di event surabaya (jika lokasi seminar anda di Surabaya). Karena pihak Event Surabaya akan memasukkan iklan anda ke berbagai media sosial yang dia punya. Tentunya Event Surabaya memiliki banyak follower atau pengikut di berbagai media sosialnya.

Anda juga dapat menggunakan hukum keterbatasan. Di mana biasanya orang-orang jika diberikan waktu pendaftaran yang mepet atau tiket yang terbatas, mereka akan langsung memburunya. Gunakan poster sebagai alat informasi. Anda bisa sebar poster-poster itu ke berbagai lokasi yang berhubungan dengan seminar anda.

7. FOLLOW UP

Selalu siapkan orang dibelakang layar yang membantu Anda, pastikan dia menjawab semua sms yang masuk dengan cepat. Akan banyak orang yang tidak sabar untuk menerima balasan sms karena mareka takut tidak kebagian bonus atau kursi (hukum keterbatasan).

Jika Anda lama meraspon maka ada kemun gkinan mereka membatalkan pendaftaran karena 2 hal yaitu emosi mereka sudah berubah dan tidak lagi tertarik atau karena rasa trust-nya turun disebabkan lamanya respon.

Semakin cepat respon follow up team Anda akan semakin baik, caranya buatkan skrip balasan sms supaya lebih mudah, misalnya:

Anda telah terdaftar di seminar “World Class Presentation” tgl 10 Mei 2015 di Hotel Sahid Surabaya, silahkan transfer ke BCA 5610xxxx a.n Mustofa, tolong konfirmasi setelah transfer.
Dengan begitu calon peserta akan mendapat kesan bahwa panitia seminar anda adalah orang yang profesional.
Ingat, berikan perintah yang jelas dan buat supaya mereka segera action. Satu lagi, jika Anda menerima pendaftaran lewat telfon maka sediakan no yang berbeda ini untuk mempercepat proses follow up dan tidak menggangu jalur sms.
Demikian 7 tips atau cara mengadakan seminar yang tidak bisa rugi. Mungkin anda mengira, ” kok bisa tidak rugi?” ya, jika anda melakukan ke-tujuh langkah tersebut dengan baik dan totalitas, maka kami jamin seminar anda akan sukses seperti yang anda harapkan. Dan mohon anda ingat kembali, bahwa fokus seminar adalah bertambah ilmu pesertanya, bukan hanya profit semata.

Leave a Reply

Nama (wajib)

Email (wajib)

Website

Isi Pesan