Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

PELANGGAN YANG BAIK UNTUK BISNIS PERCETAKAN

07 Aug Posted by in Artikel | Comments
PELANGGAN YANG BAIK UNTUK BISNIS PERCETAKAN
 
pelanggan puas

contoh pelanggan yang baik

 

Kali ini kami hendak  menjelaskan bagaimana sih pelanggan yang baik untuk bisnis percetakan,yang sesuai dengan bisnis yang kami geluti. Adalah hal yang lumrah,jika ada berbagai model pelanggan.

PELANGGAN JUDES

Ada pelanggan yang modelnya judes. Seakan akan dia adalah raja. Menanyakan harga semua produk yang didisplay, hampir selalu berkomentar,”lho kok mahal.” tetapi ujung-ujungnya,”yawdah mas ya, nanti kalau jadi, saya hubungi.” Kalaupun mereka jadi beli, jarang sekali mereka order dalam skala besar.

PELANGGAN IDAMAN

Tetapi untungnya, selalu ada pelanggan yang baik. Kami menyebutnya sebagai “Pelanggan Idaman”. Pelanggan idaman, adalah pelanggan yang berasal dari pabrik, instansi,rumah sakit, atau organisasi yang secara rutin (biasanya sebulan sekali) melakukan order dalam skala besar. Mereka adalah orang-orang yang memang bagiannya untuk pengadaan barang. Sehingga sifat rutin dan order besar itulah yang kami cari.

 

pelanggan baik

contoh pelanggan idaman

JADILAH PELANGGAN IDAMAN

Memang kami sebagai pelaku usaha haruslah tidak membeda-bedakan pelanggan. Tetapi di kenyataannya, banyak bank yang memberikan semacam “program prioritas” bagi nasabah yang menabung di bank dalam jumlah yang sangat banyak. Program semacam itulah yang kami coba sesuaikan di KreasiLangit.com .

Di percetakan, sudah menjadi barang umum jika semakin banyak quantity suatu order, maka semakin murah harga per produk yang akan mereka dapatkan.

Hal itu merupakan secuil keuntungan dari pelanggan yang selalu order dalam skala jumbo.

Hal lain yang akan mereka dapatkan adalah mereka akan mendapat souvenir yang bisa disesuakan sesuai pesanan. Souvenir ini bukanlah grativikasi kepada pejabat. Hanya saa merupakan sebuah bentuk ucapan terima kasih kami. Dan jumlahnya pun tidak fantastis. Ya semacam mug, kaos, buku, dll.

Karena barang bermanfaat dan berharga tak harus mahal, bukan?

BAGAIMANA CARANYA AGAR TIDAK MENJADI PELANGGAN JUDES?

Mudah kok. Pertama-tama, alangkah baiknya jika anda memang sedang ingin order kebutuhan cetak. Tidak hanya sedang ingin iseng menghabiskan kuota hanya untuk chatting tanya-tanya harga yang mana sebenarnya anda sudah pesan di percetakan lain. Itupun sebenarnya anda order setahun sekali, dan hanya 10 pcs pin.

Lalu yang kedua, anda akan sangat membantu kami jika anda telah mengetahui spesifikasi produk yang anda ingin order. Jangan hanya bertanya, “Harga majalah berapa ya?” . Ingat, kami percetakan, bukan jualan barang yang harganya 1 macam. Ada banyak variabel untuk penentuan harga. Untuk mengetahui harga majalah, anda perlu untuk menyiapkan spesifikasi majalah yang anda ingin order.

Contoh : cetak majalah, ukuran A4, isi artpaper 120 gram 50 halaman termasuk cover, jlid staples tengah, softcover artpaper 230 gr laminasi doff untuk umlah 300 exp berapa, kalau untuk 500 exp kena berapa?

Itulah yang kami butuhkan untuk menghitungkan order majalah anda. Tetapi jika anda belum begitu familiar dengan istilah percetakan,kami akan membimbing anda.

Yang ketiga, kalau bisa jangan mepet waktunya. Kami manusia, ada batas kemampuan dalam mengerjakan sebuah produk. Tidak semua hanya cetak dan potong saja. Untuk beberapa produk, membutuhkan banyak proses manual dalam pengerjaannya. Dan itu butuh waktu. Apalagi jika kami sedang penuh order. Maka,pesanan mepet yang minta sehari dua hari jadi,pasti kami akan tolak.

Yang keempat adalah jangan minta amplopan. Kami adalah pelaku usaha, kami bukan pemohon-mohon (baca: pengemis) kepada pelanggan untuk mendapatkan sebuah order. Kami berprinsip, bahwa  kami tidak menjanjikan ada hadiah di sebuah order, jikalau kami memberi hadiah,itu tidak ada di perjanjian kesepakatan. Alias bersifat surprise. 

Kami juga tidak suka apabila ada pelanggan yang minta mark-up harga atau minta nota kosongan. Jika alasannya adalah untuk masalah administrasi/usaha penghindaran pajak sih tidak apa-apa (nota dipecah). Tetapi kalau minta nota kosong supaya dapat diisi sendiri dengan harga sendiri, nah itu yang kami tidak suka.

Kami mengerti, anda adalah pelanggan yang ingin di-RAJA-kan. Tetapi kami adalah MANUSIA, yang bebas untuk memilih RAJA .

Mari kita bersama-sama menjadi pelaku usaha yang idaman,serta menjadi pelanggan yang idaman. Agar kerjasama dapat terjalin dengan langgeng dan saling menguntungkan.

Leave a Reply

Nama (wajib)

Email (wajib)

Website

Isi Pesan